Oktober 27, 2020

Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun Paling Efektif

Anak adalah sebuah anugerah Tuhan yang tiada tandingannya. Anak akan memberikan kebahagiaan dan kesedihan bagi kehidupan rumah tangga. Maka, tidak menutup kemungkinan orang tua selalu memarahi sang anak yang belum mengenal dunia seutuhnya. Oleh karena itu, di sini saya akan membahas bagaimana cara mendidik anak usia 1 tahun agar terdidik sejak dini. Ada beberapa cara memndidik anak usia 1 Tahun Yakni  :

Ajari Anak yang Ada Di sekitarnya

Di usia satu tahun, keingintahuan seorang anak sangat luar biasa. Maka, tugas orang tua mengenalkan satu persatu barang yang ada di sekitar apabila sang anak bertanya. Sebagai orang tua juga dituntut untuk berkata jujur, sebab otak anak di waktu itu akan merekam perkataan dan dijadikan bahan pembicaraan setelah ia menemukan benda yang sama. Secara refleks otak akan mengeluarkan kata yang sudah direkam oleh anak di waktu kecil. Maka dari itu, cara mendidik anak usia 1 paling efektif dengan berkata jujur tentang jawaban dari pertanyaan sang anak.

Sering Mengajak Anak Berbicara

Pada umumnya anak usia 12 bulan terdapat dua kategori: pertama, berjalan lancar tapi masih tidak bisa berbicara. Kedua, lancar berbicara tapi masih belum bisa berjalan sepenuhnya. Dua hal ini sangat lumrah kita lihat, namun orang tua tidak usah khawatir, sebab perkembangan anak berbeda-beda.

Maka, cara mendidik anak usia 1 tahun selanjutnya, yaitu: orang tua mengajak anak untuk berbicara sehingga setiap kosa kata yang dikeluarkan akan terekam oleh memori sang anak yang nantinya menjadi bahan berbicara. Oleh karena itu, jika sang anak ngocehnya berlebihan, maka orang tua jangan malas menanggapi, sebab di masa itu keingintahuannya lebih meningkat.

Berikan Anak Ruang Bergerak

Cara Mendidik anak usia 1 tahun, sang anak akan senang pada hal yang baru. Sebab, keingintahuannya lebih tinggi. Biasanya, ia akan selalu memberantakkan barang yang sudah rapi atau mengambilnya tanpa dikembalikan lagi. Maka, sebagai orang tua, pasti kita akan kesal kan? Karena barang itu akan kita rapikan sendiri. Namun, jika kita sampai mengurungnya, itu juga tidak baik. Keingintahuannya berkurang dan hal tersebut bisa berefek kepada daya kecerdasannya saat dewasa. Oleh karena itu, berikan ruang kepada anak untuk melakukan hal apa pun yang tidak mengakibatkan bahaya kepada dirinya sendiri.

Ciptakan Lingkungan yang Sesuai bagi Anak

Lingkungan adalah hal penting diciptakan orang tua untuk mendidik si kecil. Selain keingintahuannya yang tinggi, juga jika sudah tahu, pasti dia akan mengulanginya beberapa kali. Misalnya, si keci tahu menelusupkan tangannya pada kipas angin dan seterusnya melakukan seperti itu.

Oleh karena itu, di umur yang masih belita, tugas orang tua adalah menciptakan lingkungan yang sesuai dengan anak dan kondusif, misalnya membaca buku atau mengajaknya bermain. Dua hal itu yang akan merangsang kemampuan motorik dan sensorik anak.


Menurut Rex Forehand, Heinz, dan Rowena Ansbacher, profesor psikologi di University of Vermont, orangtua perlu menciptakan suasana yang kondusif saat mendidik anak mereka. Bahkan Saat si kecil mulai membangkang, orangtua tidak boleh menghukum anak tetapi justru memindahkan mereka ke aktivitas lain yang dapat mengalihkan perhatiannya.

Melatih Anak untuk Buang Air Kecil di Kamar Mandi

Cara mendidik anak usia 1 tahun paling efektif yang sering menjadi kebiasaan saat dewasa, yaitu membiarkan anak membuang air kecil sembarang. Untuk melatihnya tergolong sulit, karena masih kurang biasa. Jika pelan perlahan orang tua telaten mengajari sang anak untuk tidak buang air kecil sembarang, nanti sang anak akan terbiasa sejak dini dan sampai dia sudah tua.

Jangan Melakukan Hal Buruk Di depan Anak

Anak berusia 12 bulan memang lebih tertarik melakukan apa yang ia lihat. Juga, sang anak akan melakukan apa pun yang dia lihat dari orang tuanya. Maka, sebagai orang tua yang baik untuk memberikan kelakukan yang baik di depan anak agar dapat ditiru dan jadi kebiasaan sampai dia sudah dewasa. Sebaliknya, kelakukan keburukan orang tua, seperti berantem, marah, memukul, dan lain sebagainya. Itu semua akan direkam dan akan dilakukan oleh sang anak dan bisa menjadi kebiasaan saat sudah dewasa nanti.

Hindari Membentak kepada Anak

Anak di usia yang belita, dia tidak akan tau mana yang benar dan mana yang salah. Dia hanya mampu melakukan apa yang pernah dia lihat sebelumnya, atau apa yang tertarik di dalamnya. Terkadang, setiap perbuatan sang anak membuat orang tua marah. Namun, jangan sesekali membentaknya. Kenapa? Anak di usia itu tidak akan tahu apa yang diucapkan oleh orang tuanya, tapi dia menangkap aura negatif kemarahannya.

Penutup

Anak adalah sebuah anugerah Tuhan yang tiada tandingannya. Anak akan memberikan kebahagiaan dan kesedihan bagi kehidupan rumah tangga. Maka, tidak menutup kemungkinan orang tua selalu memarahi sang anak yang belum mengenal dunia seutuhnya. Maka, penjelasan di atas tentang 7 Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun Paling Efektif dapat memberikan kemanfaatan kepada orang tua yang ingin memberikan yang terbaik untuk anak tercintanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *