Mengenal Joko Anwar Sutradara Film Horor

film horor terseram di Indonesia

Untuk kamu yang suka menonton film, khususnya film Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan sosok Joko Anwar. Joko Anwar adalah sutradara film yang lahir di Medan pada 3 Januari 1976. Joko pernah menjadi kritikus film dan penulis lepas untuk harian The Jakarta Post. Joko masuk di dunia perfilman saat mewawancarai Nia Dinata untuk korannya, produser dan sutradara perempuan ini sangat terkesan dan mengajaknya untuk bekerja sama sebagai penulis skenario film ARISAN (2003) yang akhirnya sukses secara komersil dan mendapat pujian dari banyak kritikus.

 

Joko pun tidak hanya berkiprah sebagai penulis saja. Dia lalu menyutradarai film pertamanya, sebuah komedi romantis berjudul Janji Joni (Joni’s Promise) di tahun 2005. Film dengan bintang utamanya Nicolas Saputra dan Mariana Renata ini mendapat sambutan luar biasa. Ia mengaku film yang banyak dibintangi artis baik tua maupun muda itu ditulis saat masih duduk di bangku kuliah pada 1998. Lagi-lagi film yang garapnya kembali mendapat anugerah Best Movie di MTV Indonesia Movie Awards 2005. Tak hanya itu SET Foundation yang diketuai oleh pembuat film Garin Nugroho memberikannya penghargaan khusus untuk “cara bercerita yang inovatif’ dalam film itu.

 

Selain terkenal dengan karyanya, Joko pernah menghebohkan para pengguna twitter dengan aksi nekatnya. Dia nekad bugil di sebuah minimarket untuk menepati janjinya. Dia menuliskan sebuah tweet, jika followernya mencapai angka 3.000 dia akan bugil di minimarket. Dan benar saja, mau tidak mau dia menepati janji dan melancarkan aksi nekadnya di Circle K wilayah Bintaro. Aksi ini makin melambungkan namanya.

 

Joko Anwar juga merupakan sutradara dari salah satu film horor terseram di Indonesia yang judulnya sudah tidak asing lagi, yaitu Pengabdi setan yang merupakan remake dari film berjudul sama di tahun 1980. Film yang tayang tanggal 28 September itu berhasil mendulang 3.373.751 penonton selama 24 hari tayang. Pengabdi Setan juga diakui jadi sinema Indonesia paling menakutkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *