Bayi 8 Bulan Bisa Apa? Ini Penjelasannya serta Stimulasi yang Tepat

bayi 8 bulan sudah bisa apa

Setiap orang tua selalu menantikan perkembangan apa yang dimiliki oleh Si Kecil setiap bulannya. Anda mungkin juga demikian, seringkah Anda bertanya bayi 8 bulan sudah bisa apa saja? Pada umumnya, ada beberapa kemampuan baru yang dimiliki bayi 8 bulan dibandingkan bulan sebelumnya. Jika penasaran bayi 8 bulan bisa apa, simak selengkapnya di artikel ini. Ketahui juga stimulasi yang tepat untuk membantu tumbuh kembangnya.

Perkembangan Bayi 8 Bulan Bisa Apa?

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan oleh bayi berusia 8 bulan:

1. Belajar Merangkak

Bayi usia 8 bulan sudah mulai belajar merangkak atau merayap. Ia suka berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Merangkak merupakan fase untuk memperkuat otot-otot sehingga siap digunakan berdiri dan berjalan.

2. Belajar Berdiri dan Berjalan Merambat

Beberapa bayi usia 8 bulan sudah mulai belajar berdiri dan berjalan merambat. Namun Anda tidak perlu khawatir jika Si Kecil belum bisa melakukannya. Pasalnya perkembangan setiap anak berbeda-beda. Biasanya bayi mencoba bangkit berdiri sendiri dengan berpegangan pada meja atau sofa.

3. Memahami Kata yang Sering Didengar

Kemampuan berkomunikasi bayi 8 bulan semakin baik. Celotehan yang dilontarkan sudah semakin banyak. Bahkan Si Kecil sudah mulai paham arti kata tertentu. Misalnya “susu”, “papa”, “mama”, dan lain sebagainya. Selain itu, bayi biasanya sudah mengetahui apa yang disuka dan tidak disuka.

4. Sedih Berpisah dengan Ibunya

Apakah Anda merasa Si Kecil semakin lengket? Bahkan merasa sedih ketika ditinggal meskipun sebentar. Hal tersebut merupakan fase dari pertumbuhan anak. Tenang saja, ketika memasuki usia 2 tahun anak biasanya sudah mulai bisa mandiri.

5. Penglihatan dan Pendengaran Semakin Baik

Indera penglihatan dan pendengaran bayi 8 bulan semakin baik. Ketajaman penglihatannya bahkan sudah seperti orang dewasa. Ia bisa melihat orang di seberang ruangan. Dari segi pendengaran, bayi 8 bulan akan terkejut ketika mendengar suara keras dan bising. Anda bisa menenangkannya agar Si Kecil lebih nyaman.

Stimulasi untuk Perkembangan Bayi 8 Bulan

Setelah mengetahui bayi 8 bulan bisa apa, Anda bisa memberikan stimulasi untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Berikut ini stimulasi yang bisa Anda berikan:

1. Ajak Anak Belajar Melangkah

Ketika bayi mulai berdiri meskipun sambil berpegangan, Anda bisa memberikan stimulasi dengan mengajaknya belajar melangkah. Berikan stimulasi dengan cara meletakkan mainan favoritnya. Ajak Si Kecil melangkah dengan berpegangan pada kursi dan meja.

2. Sering Ngobrol atau Bicara

Meskipun bayi 8 bulan belum memahami kata-kata Anda dengan baik, namun jangan pernah bosan mengajaknya bicara atau ngobrol. Stimulasi satu ini bisa membantu memahami kata yang bermakna. Selain itu, ngobrol juga membantu anak belajar bicara.

3. Berikan Finger Food

Pada usia 8 bulan, Anda sudah bisa melatih Si Kecil untuk mengambil dan memegang makanan sendiri. Coba berikan finger food atau makanan seukuran jari tangan agar Si Kecil makan sendiri. Potong buah atau sayuran kecil-kecil sebelum diberikan pada anak.

4. Berikan Mainan Edukatif

Stimulasi terakhir tentu saja mainan edukatif yang menyenangkan. Beberapa pilihannya seperti bermain cilukba, bola kecil, balok tumpuk, puzzle ukuran besar, dan lain sebagainya.

Penutup

Nah, itulah berbagai informasi mengenai bayi 8 bulan bisa apa saja. Dukung aktivitas dan eksplorasi Si Kecil dengan memberikan popok yang aman dan nyaman seperti MAKUKU SAP Diapers Comfort. Popok generasi terbaru satu ini dirancang menggunakan struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) yang dijamin anti gumpal, anti bocor, dan anti ruam. Permukaannya juga sangat lembut untuk membuat Si Kecil lebih nyaman. MAKUKU SAP Diapers Comfort bisa Anda dapatkan di toko terdekat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *